Wednesday, January 13, 2010

Dan si Daffa pun ikut test masuk SD

Apapun yg ibu bilang, Daffa gak akan ngerti apa yg dimaksud dgn yg namanya “tes”. Padahal hari Rabu ini adalah hari yg sangat penting utk menentukan pendidikan dia selanjutnya hehehe… Tapi sejak hari Minggu malam, Daffa gak brenti2 batuk, ibu pun menyalahkan minum air es dingin (teh botol dan vitacharm). Kasihan kalo udh menjelang subuh, batuknya hebat banget. Alhamdulillah, gak sampe panas badannya.

Hihihihi… my beloved son Daffa, udah mau masuk SD ajah tahun ini. SD-nya msh tetep di At-Taqwa sini, kan itu juga alesan Daffa dimasukin ke TK At-Taqwa supaya ntar gak usah rusuh2 lagi cari2 SD, kayak dulu repot cari2 Playgroup dan TK.

Jaman ibu dulu ya, gak perlu tuh ada tes2 segala pas mau masuk SD. Secara semua anak yg mau masuk SD dianggap belum bisa dan belum tau apa2. Tapi jaman skrg ya udah beda, syarat utama bisa diterima di SD adalah sudah bisa membaca, berhitung penambahan dan pengurangan, dan sedikit bahasa Inggris. Makanya, sejak Daffa mulai di TK B ini, ibu di rumah cerewet banget ngajarin si Daffa baca, hitung2 dan nulis. Daffa kadang semangat kadang males2an. Ibu tuh udah bikin flashcard buat belajar baca gituh, trus diselingin sama latihan nulis di buku garis 3. Nah, kalo yg ngajarin hitung2an itu tugasnya si Bapak. Ibu sebetulnya stress juga nih, menurut perhitungan kan due date-nya si baby pertengahan Maret, nah biasanya penerimaan murid baru juga dimulai sekitar bulan Maret. Aduh.. gmn bantuin Daffa ya, sementara Daffa belum lancar2 amat nih bacanya. Tenang lah masih ada 3 bulan lagi waktunya. Eh ternyata, penerimaan murid baru malahan sudah dibuka awal bulan Januari dan tes-nya tgl 13 Januari ini. Ya sudah lah, ibu pasrah aja, lagian udah sebulan ini Daffa lumayan banyak lah kemajuan membacanya.

Dan tibalah hari tes ini, jadi rencananya guru dari SD yg akan datang ke TK kelasnya Daffa. Dari malam sebelum tidur, ibu udh peringatkan Daffa supaya jadi anak yg manis hari Rabu ini, jangan keluar2 kelas, jangan lari2an, kalau ditanya jawab yg sopan… Eh Daffa bilang, “Daffa udh gak lari2an koq bu… Daffa udh gak kayak gitu..” Okelah, mudah2an Daffa memang sudah bisa jadi anak yg manis.

Jam 1 siang, ibu telepon Daffa mo tanya gmn tesnya tadi. Daffa bilang dia memang disuruh baca, tapi dia gak bisa baca semua soalnya bacaannya panjang2… waduh! Trus hitung2annya gmn Def? “Daffa bisa hitung2annya, banyak banget ada sepuluh tugas, tapi ya ampun ada 2 nomor yg Daffa lupa kerjain.. waduh! Trus habis itu disuruh menggambar bebas deh… Daffa bikin mobil warna merah loh…” Trus Daffa masih batuk2 gak di kelas? Masih, sedikit..

Yups, begitu tuh tesnya kira2, tapi mudah2an hasilnya gak mengecewakan ya Def…

update:

Alhamdulillah, pas hari pengumuman, Daffa pun diterima di SD At-Taqwa...

No comments:

Post a Comment