Friday, June 24, 2011

Def dan Rapor Pertamanya

Utk tiba di hari ini, perasaan tuh nunggunya lamaaa banget. Masih inget banget gimana capeknya kita belajar untuk ulangan kenaikan kelas ini dua minggu yang lalu. Yes, betul yg mau ulangan adalah satu org anak kecil berumur 7 tahun yg belom ngerti apa itu “ulangan”, dan yg repot belajar adalah kita semua, satu rumah ya bok (yes and it mean included lil Quinsha, she grabbed Def’s pencil and book then started to draw lines next to Def desk).

Itu ya ulangannya mulai tgl 6 Juni, dan sejak sebulan sebelumnya ibu udah bikinin macem2 soal berdasarkan modul yg sempet Def bawa pulang. Setiap malam selama sebulan itu, Def selalu ibu suruh ngerjain segala soal2 tsb. Rasanya super kesel, pas ada satu soal yg sebetulnya udh pernah dia kerjain (yg krn buru2 ibu print ulang), eh tapi Def tetep gak bisa ngerjainnya. Ibu gak mau seperti ujian semesteran pertama kemaren, dimana qta bener2 jungkir balik belajar krn bahan pelajaran baru dikasih dua hari menjelang ujian. It mean, kali ini qta harus lebih well prepared lagi dong.

Pas hari ulangan, ibu dan bapak gantian cuti ngantor demi nemenin Def belajar. Def sempet kesel krn qta cuti yg bikin dia jadi kepaksa belajar heheheh…. someday you will understand why your parents doing this, my darling. Qta mulai belajar dari mulai Def bangun dari tidur siang, trus istirahat utk mandi sore dan makan, trus lanjut lagi, maksimal sampe jam sepuluh malam. Kalo jam setengah sepuluh Def masih belom hapal juga, ibu mulai stress. Itu stress beneran, sampe marah2, ya ampun, maafkan ibu yaaa.. (tuh kaannn akibat marah2 itu sakit magh ibu kambuh kannn) ibu kok segitunya maksa Def utk bisa menghafal semua pelajaran. Tapi drpd ibu nyesel seumur hidup kan, mendingan stress skrg. Ibu janji setelah musim ulangan selesai, ibu gak akan nyuruh2 Def belajar lagi sampe liburan kelar. Def boleh main sepuasnya deh… hihiihi…

Di sekolahnya Def, ada system remedial, dimana kalau hasil ulangannya belum memenuhi nilai minimal utk naik kelas, maka si anak akan dikasih ulangan tambahan utk menambah nilainya. Alhamdulillah, hasil ulangan Def semuanya bagus2, semuanya di angka 9, paling kecil nilainya di pelajaran bahasa Arab, yaitu 90, sedangkan nilai paling paling bagus adalah pelajaran IPA dan Agama Islam yaitu 97. Aduh, rasanya legaaa bagnet, apalagi ternyata Def gak perlu ada remedial segala, artinya Def bisa santai2 nungguin pembagian rapor.

Biarpun begitu, ibu tetep aja belum sepenuhnya lega, sebelum rapor nya dibagiin. Maklum aja, ini kan rapor pertamanya si Def yg akan menentukan apakah dia bisa naik kelas atau gak. Akhirnya dgn masih penuh rasa deg-degan, ibu dating juga ke sekolah Def pas tgl 24 Juni utk ambil rapor pertamanya.

Alhamdulillah, hasilnya bagus, Def bisa naik ke kelas dua. Menurut gurunya, utk ukuran anak secuek Def di dalam kelas, rapor Def sangat bagus, bahkan dia masuk peringkat sepuluh besar. Def bisa menerima dan mengikuti pelajaran dgn baik, walopun sering terkesan dia selalu bikin ulah di kelas,. Di sekolah Def gak ada istilah rangking ato peringkat, tapi kita bisa bertanya dimana kira2 posisi anak kita. Kalo gurunya bilang Def masuk peringkat sepuluh besar, artinya Def berada di tengah2. Itu aja udah sangat sangat memuaskan buat qta, mengingat gimana kerja keras qta, terutama Def, belajar bareng kemaren ini.

Buat Daffa, anak ganteng kesayangan ibu dan bapak, selamat ya karena sekarang Def sudah naik ke kelas dua. Sekarang Def sudah jadi kakak kelas. Nanti di kelas dua belajarnya lebih serius dan lebih rajin lagi ya. Ibu dan bapak pasti akan selalu membantu Def belajar. Ibu juga janji nanti kalo belajar gak pake marah2 lagi ya sayang. Buat ibu Def gak perlu kok jadi anak yg nilainya paling tinggi di kelas. Ibu sayang sama Def, selalu dan selamanya, muaccchhh!

No comments:

Post a Comment