Saturday, March 26, 2011

Def’s story into the hospital (part 1)

Bener2 deh, minggu ini adalah minggu yg paling mendebarkan dan penuh cobaan (well, gak usah dibandingkan dgn saat2 mo melahirkan baby Daffa dan baby Quinsha ya, yang ini beda... beda bangettt).

Sudah kira2 2 minggu ini Daffa sering mengeluh sakit di bagian perut. Awalnya ibu pikir itu adalah akibat dari dia kepentok tangan kursi pas dia lagi lari mo ambil minum. Krn kalo diinget2 keluhan sakit perut ini dimulai setelah kejadian itu. Waktu itu ibu cuma olesin minyak tawon di perutnya, udah gitu Daffa sendiri pun bilang udah lebih enak pas dikasih minyak tawon itu. Sejak itu dia mulai sering mengeluh sakit perut dan selalu minta diolesin minyak tawon itu. Beneran, waktu itu ibu gak pernah ada pikiran macem2 mengenai penyakitnya ini, beneran ibu sangka memang hanya akibat kepentok tangan kursi.

Gak taunya belakangan sakit perutnya ini muncul mulai sering dari biasanya, bahkan di saat Def lg tidur. Saat itu qta lagi konsen sama Quinsha yg tiba2 harus diopname, jadi mengabaikan sakit perutnya Def. Ternyata selama Def tidur sama Oma, pas qta lagi jagain Quinsha di rumah sakit, sakit perutnya Def sering kumat, dan Oma pun jadi curiga jangan2 ada penyakit lain nih di dalam perutnya. Oma lah yg ingetin Ibu ttg hal ini, yg nyaranin ibu utk coba dicek ke dokter, saat itu Oma udah mulai curiga kalo itu jangan2 usus buntu.

Ya Allah, beneran, selama ini pikiran Ibu gak pernah sampai sejauh itu. Ibu gak pernah ada curiga sedikit pun kalo sakit perutnya Def adalah tanda2 usus buntu. Selain memang gak punya pengetahuan mengenai usus buntu, jadi gak tau juga tanda2 orang sakit usus buntu itu kayak apa.

Jadi pas kebetulan Def jenguk adiknya di rumah sakit hari Kamis itu (17/03), sekalian deh qta daftarin Def ke dokter anak yg praktek di Dharma Nugraha, kebetulan ada dokter Agung yg praktek jam 7 malam. Def diperiksa dokter Agung sekitar jam stengah delapan malam. Dokter Agung tekan2 perutnya Def dan Def pun teriak kesakitan. Ditanya apakah ada mual atau muntah2, apakah ada diare, semuanya gak ada tuh. Dokter Agung bilang, kalo melihat dari lokasi sakitnya, ada kemungkinan itu usus buntu, beliau sendiri gak berani menyimpulkan sebelum dibuktikan dulu. Utk ngebuktikannya Def harus di USG dan test darah, setelah itu hasil dari USG dan test darah tsb harus diperiksa juga oleh dokter spesialis bedah. Kalau ternyata hasilnya negatif semua, berarti memang hanya ada nyeri diperut bagian dalam akibat kepentok kursi tadi.

Ya ampun, ngedenger dokternya bilang gitu aja rasanya udah shock duluan. Tapi qta setuju dgn saran dokter utk ngelakuin serangkaian test tsb. Berhubung dokter spesialis bedah sudah pulang, jadi qta jalanin dulu tuh test USG dan test darahnya. Pas di USG, untungnya ibu boleh nemenin, kebetulan pas sakitnya itu gak lagi kumat, jadi Def lebih banyak becanda daripada seriusnya. Pas ditanya sama dokter USG nya sebelah mana yg sakit, Def bilang semua bagiannya sakit. Akhirnya semua bagian perutnya di USG, dari mulai perut, usus, ginjal, lever, sampai lambung. Semuanya bagus2 aja. Hanya di bagian lambung keliatan ada gas-nya. Dokternya bilang “wah kamu lagi banyak ulangan ya? Lagi banyak pr ya? Stress nih, gasnya naik” Ya ampun, anak ibu yg satu ini, ternyata stress dia, emang bener tuh lagi banyak pr dan ulangan, sering kena hukuman pula di sana sini, kasiannya si Def, well start today we will stop those “screaming” to you, Def. Kesimpulannya dari hasil USG gak keliatan ada suatu penyakit didalam bagian tubuh manapun.

Kelar USG, Def diantar lagi pake kursi roda ke lab utk ambil darah. Susternya tega banget yak. Itu tuh utk pertamakalinya Def diambil darahnya utk di test, pertamakalinya disuntik (selain suntikan imunisasi yaa..), eh koq ya orangtuanya gak boleh ikut masuk. Coba, gmn rasanya, cuma bisa denger Def teriak2 kesakitan sampe minta ampun segala, walo akhirnya ibu nekat juga masuk ke dalam, gak tahan dengerin teriakan kesakitannya Def.

Yg bikin ibu makin histeris pas keluar dari lab, ibu ngeliat si Bapak lagi di kasir, and you know what he’s doing, si Bapak lagi ngisi2 form utk daftar rawat inapnya si Def. Loh? Loh? Siapa yg suruh? Katanya dokter jaga di UGD nyuruh Def utk dirawat inap. Loh kan anaknya juga masih ngejalanin serangkaian test, dan hasil testnya itu sendiri belum keluar, belum ketauan sakitnya apa, kalo mo dirawat inap, atas dasar apa, sakitnya apa??? Hiks, bener2 marah deh ibu waktu itu di kasir. Knp tuh dokter jaga di UGD seenaknya nyuruh2 Def utk rawat inap. Pdhal tadi dokter Agung jelas2 bilang, supaya qta nunggu hasil test darah dan USG, kemudian hasil test itu dikasih liat ke dokter spesialis bedah utk dibaca. Nah nanti dokter bedah itulah yg nentuin apa penyakitnya Def. Pas ditanya lagi, ternyata dokter bedahnya sudah pulang. In that case, harusnya Def gak perlu dirawat dong, tapi balik lagi ke dokter bedah besok harinya utk kasih liat hasil test2 tadi.

Akhirnya qta ke UGD utk ketemu sama dokter jaga tsb. Dia pun akhirnya bilang supaya qta nunggu dulu, krn dokter spesialis bedahnya udh dihubungi dan sedang on the way. Gak lama nunggu tuh dokter spesialis bedah, yg namanya dokter Taufik, dating juga, waktu itu udah sekitar jam 9 malam. Def pun diperiksa sama dia, ditekan bagian perut yg sakit, dan Def pun teriak kesakitan, saking sakitnya Def selalu menepis tangan dokter Taufik tiap kali si dokter mau nekan perutnya. Si dokter mungkin udh biasa ngadepin yg kayak gini, jadi dialihkan dulu perhatian Def baru deh bisa diperiksa.

Dokter Taufik akhirnya bilang kalo bagian dimana Def kesakitan adalah bagian usus buntu, jadi dia curiga kalo Def sakit usus buntu. Kenapa pas di USG gak keliatan kalo usus buntunya infeksi, itu bisa aja krn Def nya gemuk, juga krn posisi usus buntu tiap orang itu beda2, ada yg menghadap ke kiri, kanan, depan belakang dsb, nah mungkin posisi usus buntunya si Def yg menghadap ke belakang jd gak keliatan. Utk mastiin dokter Taufik menyuruh Def utk di rontgen appendicogram, yaitu pemeriksaan utk mendeteksi adanya gangguan pada appendiks (umbai cacing) seperti adanya usus buntu (appendicitis). Def harus minum cairan ‘barium sulfat’ yg disediakan dari rumah sakit. Cairan itu warnanya putih seperti susu bubuk yg lalu dicampur ke dalam air the manis. Cairan ini nantinya akan lari ke usus buntu dan akan lebih jelas kelihatan pd saat dirontgen. Utk dirontgen harus nunggu 10-12 jam setelah cairan tsb diminum. Jadi kalo Def minum cairan itu jam 10 malam, berarti rontgen nya nanti jam 10 pagi. Nah krn ada proses itu maka dokter Taufik menyarankan Def utk di rawat inap. Kalopun ternyata hasil rontgen negatif, berarti dokter akan mengobati nyeri di dalam perutnya saja. Dokter Taufik gak mau ambil resiko adanya kelalaian atau keterlambatan dlm penanganan kasus ini, that’s why dia menyarankan Def utk rawat inap.

Nah, krn ada penjelasan yg masuk akal itulah akhirnya qta pun setuju agar Def rawat inap. Jadinya malam itu, sekitar jam 10 malam, Def pun menyusul Shasa ke kamar perawatan. Suster2 yg nyiapin kedatangan pasien baru udh ngerapihin tempat tidur di depan tempat tidur Shasa. Tp qta minta agar mrk bisa tidur bersebelahan, hehehehe… susternya keget ya… oh jadi adik kakak, oh my…..

Dan malam itu ketika Def dan Shasa udh bobo, qta berdua saling berpandang2an. Si cantik dan si ganteng milik qta dua2nya harus diopname di rumah sakit. Malam itu ibu tidur di sisi si cantik, sementara Bapak tidur di samping si ganteng, sambil tak hentinya berdoa memohon kesembuhan atas buah hati kami ini… Berdoa agar si cantik Quinsha segera sembuh dan segera pulang ke rumah, dan berdoa agar si ganteng Daffa tidak memiliki penyakit yg berbahaya, amiinn…

(continued to part 2)


No comments:

Post a Comment