Friday, June 21, 2013

Khitanannya Def

It's all about a sudden action, no plan at all. Libur kenaikan kelas tahun ini, rencananya adalah Def akan operasi amandel. Mengingat amandelnya sudah meradang dan harus dioperasi. Awalnya adalah krn setiap kali Def sakit batuk, dia akan sakit sampai ke telinganya. Def bisa nangis2 semaleman krn sakit di kupingnya itu, yg bikin seisi rumah jd gak bisa tidur dan harus kasih semangat ke dia supaya sabar nahan sakit, hiks hiks. Jdnya kita bawa dia ke dokter spesialis THT. Oleh dokter THT, barulah ketauan kalo amandelnya bengkak shg mengakibatkan nyeri sampai ke telinga. Kesimpulannya amandel harus dioperasi, tapi gak harus skrg, bisa nunggu sampai waktu libur sekolah aja. Krn kalo utk anak kecil penyembuhan pasca operasi bs makan waktu lebih lama dibanding utk yg dewasa. Nah, itu cerita di bulan April. Tiba2, di awal bulan Juni, di tengah2 ujian akhir semesteran, Def minta disunat. Entah dpt ide darimana dia knp tiba2 minta disunat. Memang sdh ada bbrp org temannya yg sudah disunat.(Belakangan baru ketauan, dia kepengen disunat krn dpt cerita dari teman2nya kalo abis disunat itu akan banyak dpt hadiah. Tepok jidat Def bareng2). Konon katanya, kalo seorang anak lelaki sdh minta disunat, gak boleh lagi dihalangi, harus segera dilaksanakan. Jadi mumpung anaknya lagi mau, tanpa paksaan, marilah kita laksanakan sunatnya.

PR kedua adalah mencari tempat dan dokter yg bagus utk khitanan. Browsing sana sini, ketemu berbagai rumah sunat atu rumah khitan yang ramah anak2, juga browsing mengenai metode2 khitan, banyak yg tnyata metodenya. Berakhir dgn teringat ke sepupunya Def yang disunat sekitar 2 tahun yg lalu. Kitapun langsung bbm-an sama si bunda Adit, minta nama dokter yg menangani. Dan langsung malam itu juga kita telp ke RS Tebet utk bikin appointment.

Kita bawa Def ke dokter tsb begitu kelar Def ujian semesteran, seorang dokter spesialis bedah anak. Kita minta jadwal khitan hari Jumat atau Sabtu minggu ini, dan kita diminta nunggu jawabannya. Kita baru dpt jawaban dari RS hari Kamis siang, bhw Def bisa dikhitan hari Jumat pagi. Jadilah hari Kamis itu mjd hari yg super duper sibuk di kantor. Krn kita hrs segera menyelesaikan kerjaan dan harus teng go jam 5 tepat. Krn Def hrs dibawa ke RS sore ini juga, sehubungan ada bbrp tes lab yg harus dia jalani. Ditambah lagi dgn macetnya jalanan menuju RS, kita baru sampai disana setelah maghrib.

Setelah semua tes lab dan non lab dilakuin, Def pun boleh istirahat di kamar. Sebetulnya, Def boleh aja pulang gak usah pake nginep, tapi suster menyarankan utk nginep berhubung khitannya akan dilaksanakan pagi2, takut kitanya ketelatan datangnya. Diputuskanlah si Bapak yg akan nemenin Def di RS. Tapi Bapak nganter kita pulang dulu ke rumah, krn Def minta diambilin gulingnya dan bbrp mainan mobil2an, he can't sleep without it.

Jumat jam 5 pagi, ibu bareng Oma angkut si Qisha yg msh bobo, berangkat ke RS pakai taksi. Oiya taksinya nyasar, supirnya gak tau dimana letak RS Tebet. Dipikirnya, krn namanya RS Tebet pastilah lokasinya di Tebet, dia gak percaya pula sama penjelasan kita kalo tuh RS letaknya di Gatot Subroto. Setelah perdebatan yg sengit, yg bikin Qisha jd ikutan bangun, baru deh si supir percaya sama kita.

Kita telat sampe RS. Def udah masuk ke ruang oeprasi.

Tapiiiiii, Def tnyata masih di depan ruangannya, jadi Ibu nekat masuk utk liat Def dulu. Hampir aja Def gagal khitannya, gara2 dia batuk2 terus. Tnyata kata si Bapak, sblm dibawa ke ruang operasi Def sempet nangis krn ibu belum datang. Def gitu sih, kalo nangis, pasti jadi batuk2. Dan ini bikin dokter anestasinya curiga, akhirnya diperiksalah tenggorokannya Def, pas dia liat amandelnya, dia bilang def gak bisa dikhitan skrg, krn kalo lagi batuk gak boleh dibius total. Yaampun, kita udah sampe sejauh ini, masa iya harus gagal krn Def batuk2?? Ktnya amandelnya harus dioperasi dulu, atau minimal disembuhin dulu batuknya, baru bisa dikhitan. Ibu udah lemes. Oma sama Bapak pun kelihatannya juga gitu.

Gak lamaan, datanglah dokter yg akan mengkhitan Def. Si dokter anestasi pun cerita soal keadaan Def yg lagi batuk. The problem solved right away. Dokter bedah cukup bilang ke dokter anestasi, kalo Def dibius lokas aja, gak usah dibius total. Alhamdulillah, ya Allah, terimakasih atas petunjuk-Mu. Def pun masuk ke ruang operasi, diiringi doa kami dari luar yg gak putus2.

Setengah jam kemudian, kedengeran tangisan sekaligus teriakan Def dari dalam ruang operasi. Gak lama Def pun keluar. Ternyata obat biusnya udah mulai habis, jadi Def ngerasain sakit yg luar biasa. Itu ya, ngeliat Def nangis2 kesakitan, rasanya hati ikut teriris2, pindahin aja rasa sakitnya kesini ya Def, biar ibu aja yg rasain. Ada kali sekitar satu jam lebih Def nangis2, sampe akhirnya ketiduran. Oma berkali2 minta maaf ke ibu2 di tempat tidur sebelah, gak enak takut ngerasa keganggu sama rengekannya Def. Cukup lama juga Def tidur, soalnya ibu sama Bapak dan Qisha sempet jajan jalan kaki ke Starbucks sama beliin Qisha ayam KFC yg letaknya lumayan cukup jauh dari RS.

Setelah Def bangun tidur, baru deh kita boleh siap2 pulang. Eitts, mampir dulu beliin si penganten sunat ayam goreng Suharti. Def sudah cukup bahagia krn akhirnya pulang ke rumah, full AC, TV kamar oma dipindahin ke kamar dia, dan makan ayam goreng sepuasnya.

Selamat dikhitan ya Def sayangku. Semoga Def jadi anak yg soleh, tambah pintar dan tambah dewasa. We all love you much!




No comments:

Post a Comment